Tujuh Hari Keliling Spanyol, ke Mana Saja?

Saya sering banget menerima chat atau japrian yang bertanya tentang info traveling keliling Spanyol. Umumnya mereka adalah teman sesama awardee LPDP, tahu kalau saya pernah tinggal di Barcelona, ataupun korban dari postingan foto-foto saya di Instagram, wkwkwk.. Hampir semua dari mereka ini menanyakan akomodasi, tempat wisata apa yang bagus dikunjungi beserta harga tiketnya, transportasinya gimana, idealnya berapa lama di satu kota, sampai aman gak mereka ke Spanyol walaupun gak bisa bahasa Spanyol.

Nah berhubung saya udah hijrah dari negara matador, kali ini saya share deh tips traveling keliling Spanyol. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, 7 hari cukup sih untuk mengunjungi kota-kota ‘wajib’ di negara ini, walaupun kenyataannya Spanyol ini luas banget dan seminggu aja gak cukup buat menjelajahi daerah lainnya. Tapi karena kebanyakan mahasiswa Indonesia liburnya seminggu aja, semoga itinerary ini bisa membantu ya 🙂

 

Day 1: Sevilla

Perjalanan kalian bisa dimulai dari Seville, atau Sevilla, ibukota wilayah AndalucĂ­a di selatan Spanyol yang terkenal dengan sejarah peradaban Islamnya. Menurut mitos, kota ini dibangun 3000 tahun lalu oleh Hercules. Tarian flamenco khas Spanyol yang mendunia itu juga berasal dari kota ini.

What to see?

  1. Alcázar. Kastil dan istana di dalamnya dibangun sekitar tahun 1300-an dan sejak 1987 resmi bergabung dalam Unesco World Heritage Site. Berkunjung ke sini kamu bisa melihat jejak-jejak sejarah Islam dari arsitekturnya yang khas Maroko dan kaligrafi di dinding. Di taman-taman istananya juga banyak pelajar dari sekolah seni yang sedang duduk mengabadikan kecantikan bangunannya ke coretan sketsa. Harga tiket masuknya 15 Euro, bisa dibeli online di website resminya.
  2. La Giralda. Banyak yang tidak tahu kalau Giralda ini adalah salah satu gereja kristen terbesar di dunia. Bangunan yang dulunya merupakan masjid ini dirombak menjadi gereja setelah kekuasaan Maroko runtuh. Dari minaretnya kita bisa melihat pemandangan seluruh kota Seville, dan di dalam gerejanya pun ada makam dari sang penemu benua Amerika, Christoper Columbus. Harga tiketnya 9 Euro, bisa dibeli on the spot atau di website resmi.
  3. Plaza España. Didirikan pada tahun 1928, Plaza España merupakan salah satu landmark terkenal Sevilla yang menurut saya pribadi adalah plaza tercantik yang pernah saya kunjungi di Eropa. Tempat ini juga merupakan lokasi syuting film Star Wars, menjadikannya wajib dikunjungi jika mengunjungi kota ini, dan karena plaza, maka bebas tiket masuk alias gratis!

Where to Stay?

Hostel Samay Sevilla, harga 11 Euro per malam include breakfast.

How to Get There?

Ada banyak flight dengan tujuan ke Seville, seperti Ryanair dan Vueling. Teman-teman saya dari UK kadang memilih option terbang ke Malaga kemudian lanjut dengan perjalanan bis ke Seville dengan durasi 2 jam 45 menit. Harga tiket dan schedule bisa dicek di website ALSA.

15418498_10206670719321746_6804454842864922166_o

Ini lho Alcázar yang sering jadi wallpaper Windows 🙂

 

Day 2: CĂłrdoba

Saya ingat waktu saya nge-post foto Cordoba di Instagram adek saya langsung comment, “Wah ini kan tempat syuting film 99 Cahaya Langit Eropa!”. Berkunjung ke CĂłrdoba seperti mengendarai mesin waktu dengan arsitektur kotanya yang ‘jadul’. Tidak cuma sejarah Islam yang bisa dilihat, karena ada juga Jewish Quarter yang menjadi bukti umat Yahudi juga berkembang di sini.

What to See?

  1. Mezquita. Sebagai salah satu karya terbesar di dunia arsitektur Islam, bangunan ini adalah bukti ketika Islam, Kristen, dan Yahudi hidup berdampingan di sini, salah satunya melalui satu sudut di mana mihrab dan kapel yang berdiri bersisian. Kalau berkunjung ke websitenya yang dijual hanya tiket group tour, jadi kalau mau beli general tiket langsung on the spot aja ya, harganya 8 Euro.
  2. Alcázar de los Reyes Cristianos. Seperti namanya yang sama, benteng ini sepintas memang mirip dengan Alcázar di Seville, namun dengan taman yang lebih luas. Diceritakan bahwa di sinilah tempat Fernando dan Isabel, raja dan ratu Castile – pemerintahan sebelum Spanyol – pertama kali berkenalan dengan Columbus. Harga tiket hanya 4.50 Euro dan bisa dibeli on the spot.

Where to Stay?

Funky CĂłrdoba, harga 12 Euro semalam dan bisa jalan kaki saja ke Mezquita.

How to Get There?

Karena tidak ada penerbangan ke Córdoba, maka bandara terdekat adalah di Seville. Dari Seville ke Córdoba bisa ditempuh dengan 2 jam perjalanan bis ALSA.

dsc_0878

Mihrab dan kapel berdampingan di Mezquita

 

Day 3: Granada

Menurut saya kota yang satu ini wajib wajib wajib banget dikunjungi! Selain karena sejarahnya yang sangat mendalam, mengunjungi melihat pemandangan Granada dari Alhambra membuat lidah saya tidak berhenti berucap, “Masya Allah indahnya ciptaan Tuhan!”

What to See?

  1. Alhambra. Ada banyak tips nih buat mengunjungi tempat termasyhur satu ini, salah satunya adalah sebaiknya pastikan dulu tiketnya available dengan mengecek langsung di website resminya, karena setiap jamnya ada kouta maksimal berapa pengunjung yang boleh masuk, terutama Palacios NazarĂ­es yang letaknya di dalam kompleks Alhambra. Pengalaman teman saya yang berpikir bisa beli on the spot malah gak bisa masuk pas sudah sampai ke sana, sementara saya dulunya takut gak kebagian mastiin dulu tiketnya available dan setelah punya tiketnya, baru deh beli tiket transport ke sana, hehehe..
  2. AlbayzĂ­n. Merupakan pemukiman Muslim yang masih bertahan sampai hari ini dan dari sini kamu bisa memotret Alhambra dari kejauhan, karena letaknya di bukit yang berseberangan. Best view nya saat malam hari ketika istana Alhambra diterangi oleh cahaya lampu keemasan. Cakep banget!

Where to Stay?

El Granado, harganya 13 Euro per malam dan sudah termasuk breakfast.

How to Get There?

Granada memiliki bandara sendiri, tapi kalau kamu dari CĂłrdoba bisa ke Granada hanya selama 3 jam dengan perjalanan bis. Jadwal dan harganya bisa dicek di website ALSA.

15419610_10206636002653851_3704163514377498353_o

Kota Granada dilihat dari Alhambra yang cantiknya, ehm, keterlaluan.

 

Day 4-5: Madrid

Sampai juga di ibukota negeri matador! Karena Madrid merupakan kota terbesar di Spanyol, menjelajahinya butuh waktu setidaknya 2 hari. Saya sendiri tidak mengunjungi banyak tempat wisata karena ke kota ini misinya adalah football pilgrimage, hahaha.. Tapi masih ada kok tempat yang bisa saya rekomendasikan dan worth to visit 🙂

What to See?

  1. Palacio Real. Ini adalah istana yang menurut saya wajib banget banget banget dikunjungin. Walaupun tampaknya dari luar biasa saja, Palacio Real merupakan museum dengan koleksi baju zirah terlengkap di dunia. Mau liat ballroom super megah dan meja makan sepanjang 15 meter yang biasanya ada di film-film kerajaan? Di sinilah tempatnya! Tiket masuknya seharga 10 Euro dan disarankan datang sepagi mungkin karena antriannya yang super panjang, bisa dibeli on the spot.
  2. Santiago Bernabeu. Jangan ngaku ke Madrid kalau belum mengunjungi rumah dari klub termahal dunia ini. Bertandang ke Santiago Bernabeu bukan hanya bisa berfoto dengan trophy Champion League atau sepatu emas Christiano Ronaldo, tapi juga menyaksikan video-video bersejarah mereka di giant screen yang sumpah, megah banget! Tiketnya seharga 24 Euro dan bisa beli on the spot.
  3. Museo del Prado. Salah satu museum yang masuk dalam buku Ultimate Travelist terbitan Lonely Planet. Selain menyimpan sekitar 1500 koleksi lukisan, salah satunya yang terkenal adalah 14 lukisan The Black Paintings dengan haunting themes karya Francisco Goya. Tiket masuk seharga 14 Euro.

Where to Stay?

RC Miguel Angel, harga 14 Euro semalam dan lokasinya cukup jalan kaki dari Plaza Mayor, pusat kota Madrid.

How to Get There?

Dari Granada menuju Madrid membutuhkan waktu 8 jam naik bus menggunakan ALSA, cuma kalau tidak mau pantat tepos dan punya uang lebih, pilihan menggunakan pesawat dengan maskapan Ryanair atau Vueling pun bisa dicoba.

DSC_0234

Balkon yang membuka petualangan di Palacio Real

 

Day 6-7: Barcelona

Kalau kalian menjadikan Barcelona sebagai destinasi terakhir, percayalah, you make the best for the last. Barcelona punya semuanya, mulai dari pantai, gunung, sisi metropolitan sampai daerah tua yang  bersejarah, semuanya ada! Dua hari pun rasanya kurang puas mengunjungi Barcelona, cuma jika tidak punya waktu banyak, setidaknya harus mengunjugi beberapa tempat ‘wajib’ berikut ini:

What to See?

  1. Sagrada Familia. Tidak mengunjungi landmark negara Spanyol ini seperti ke Perancis tapi tidak ke Eiffel Tower. Walaupun pembangunannya sudah lebih dari 100 tahun dan masih ada crane di mana-mana, interior Sagrada Familia tidak boleh kamu lewatkan. Tiketnya bervariasi mulai 15 Euro dan bisa dibeli online di sini.
  2. Barri Gòtic. Selain La Rambla street yang terkenal itu, mengunjungi Gotic Quarter yang terletak di sebelahnya tidak boleh dilewatkan. Ini merupakan kawasan kota tua Barcelona yang – seperti namanya – bernuansa gothic dan penuh situs sejarah.
  3. Montjuic Fountain. Salah satu atraksi bebas biaya yang tidak boleh dilewatkan adalah menonton pertunjukan air mancur di Plaça d’Espanya. Dari kawasan ini kamu juga bisa melihat panorama pemandangan Barcelona dari ketinggian yang sangat indah siang maupun malam. Untuk pertunjukan fountainnya bisa dicek jadwalnya di website resminya.

Where to Stay?

Kabul Party Hostel, harga 15 Euro semalam dan sudah termasuk free breakfast dan.. dinner pasta!

How to Get There?

Mengunjungi Barcelona dari Madrid bisa dengan flight Ryanair atau Vueling, tapi jika ingin lebih murah bisa melalui jalur darat selama 8 jam dengan bus ALSA.

DSCF4565

Plaça d’Espanya sesaat sebelum atraksi montjuic fountain dimulai

Jadi bagaimana, tertarik mengunjugi Spanyol? Dua pesan terakhir dari saya. Yang pertama selalu jaga barang bawaan karena kota besar di Spanyol – utamanya Barcelona – adalah surga pelancong dan pencolong. Yang terakhir, karena Spanyol negaranya sangat indah, silakan menikmati waktu liburan sepuasnya, foto-foto yang banyak, dan jadikan pengalaman berkunjung ke Spanyol adalah perjalanan terbaik kamu di Eropa.

Tener unas buenas vacaciones!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s